Senin, 08 Juli 2019

CARA MEMBUAT KAMUS MINI


Cara Membuat Kamus Mini



Assalamu'alaikum teman-teman, Selamat datang kembali di Blog Resmi Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya. Bagi teman-teman yang baru bergabung, silakan kunjungi postingan-postingan sebelumnya. 😃 



Lihat jugahttps://pbaiainpalangka.blogspot.com/2019/05/buletin-al-mujaddid-edisi-ramadhan-1440.html ) , (https://pbaiainpalangka.blogspot.com/2019/05/5-tips-mudah-lancar-bahasa-arab.html ), dan ( https://pbaiainpalangka.blogspot.com/2019/06/hal-talamu-tahukah-kamu-kenapa-liburan.html ) .



Pada postingan minggu lalu, kita sudah membahas bahwa hari libur harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Selanjutnya, yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan ketika masa libur tiba.



Kita akan bersama-sama belajar membuat kamus mini, sebelum itu kita bahas sedikit apa itu kamus mini, dikutip dari  https://id.wikipedia.org/wiki/Kamus bahwa Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan.



Biasanya, kamus digunakan saat ingin menerjemahkan suatu bacaan, dan beberapa orang bahkan menghapalkannya. Semakin lengkap makna kata yang diterangkan maka kamus itu akan semakin bagus, sehingga tidak jarang kita temui kamus dengan ukuran yang sangat tebal.



Kamus Bahasa Arab dapat membantu kita dalam menemukan mufrodat-mufrodat baru kemudian menghapalkannya, namun kamus yang tebal dan berat mungkin menjadi kendala, dijaman yang semakin canggih ini akhirnya kamus sudah tersedia di dalam telepon genggam dan bisa dibawa kemanapun, walaupun begitu, bahaya menggunakan telepon genggam terlalu lama menjadi kendala selanjutnya.



Jadi, membuat kamus mini sendiri bisa menjadi solusi. Kamus mini adalah kumpulan mufrodat sederhana yang ukurannya tidak lebih dari 5x5 cm atau hanya sebesar genggaman tangan. Bisa dibawa kemanapun.



Yuk, langsung saja kita simak langkah langkah pembuatannya.  😍



1)      Kumpulkan mufrodat pilihanmu.





Setelah terkumpul, atur posisi mufrodat menjadi 4 kolom seperti gambar diatas. Mufrodat yang telah diberi jarak secara otomatis akan tersusun menjadi satu halaman, buatlah kamus mini seukuran genggaman tangan namun tetap terbaca dengan jelas. Selanjutnya, beri garis putus-putus untuk membatasi setiap halaman. Ini memudahkan teman-teman dalam proses selanjutnya yaitu pemotongan. Usahakan garis yang dibuat harus lurus ya...





3)      Print-out mufrodat yang sudah disusun tersebut. Kamus mini yang sudah dicetak bisa langsung diperbanyak jika kamu ingin membagikannya kepada teman-teman.




4)      Potong sesuai garis yang sudah tersedia.




5)      Lubangi ujung Kamus Mini dengan pelubang kertas atau gunting.






6)      Rekatkan seluruh halaman menggunakan stepler.





7)      Untuk memperindah tampilannya, silakan tutupi bagian samping yang di stepler.





8)     Kamus Mini sudah selesai dibuat, Selanjutnya, Silakan Pasang Kamus Mini ke Gantungan Kuncimu, agar Kamus Mini selalu dibawa dan dapat dibaca dimanapun.






SELAMAT MENCOBA !!!!


Itulah langkah-langkah dalam pembuatan Kamus Mini, Semoga Bermanfaat. 😄

Sampai jumpa di postingan selanjutnya teman-teman. Wassalamu'alaikum, wr, wb.





S
s




1 komentar:

Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Mahasantri

Oleh : Ridha Rahmantannisa Ramadhani PENDAHULUAN Di era digital saat ini, digitalisasi telah memasuki ke dalam aspek kehidupan. Bahkan semu...